Sunday, October 11, 2015

Meditasi Bagi Pemula


Untuk teman-teman yang baru saja gabung, dan masih sangat awam dengan meditasi, tips-tips berikut dapat digunakan sebagai acuan :

1. Meditasi pada tempat, jam dan durasi yang konstan sama dari waktu ke waktu, apabila dirasa perlu dgn berjalannya waktu, durasi bisa diperpanjang, prinsipnya semakin lama durasi meditasi semakin baik, namun tentunya ada batasan maksimal.

2. Gunakan posisi yang anda anggap paling nyaman. Bisa bersila dengan posisi lotus, duduk dengan gaya mesir, duduk dengan kaki selonjor atau tiduran. Pokoknya posisi ternyaman anda.

3. Ketika meditasi, umumnya pikiran akan melayang-layang. Untuk latihan konsentrasi perhatikan keluar masuknya nafas melalui hidung dan rasakan segarnya udara yg masuk ke paru-paru anda. 

4. Apabila pada saat meditasi anda melihat warna atau gambar berjalan seperti melihat bioskop, amati saja jangan menilai dan jangan dipertanyakan, karena dapat mengganggu proses masuk dalam keheningan. Begitu juga ketika anda merasakan sensasi panas/ dingin, mendengar suara2, amati saja.

5. Jangan percaya mitos bahwa org yang sedang meditasi akan mudah kesurupan. Selama ini (dlm wkt 7 thn) saya belum pernah mengalami/ melihat org yg kesurupan selama proses meditasi.

Silahkan mencoba.


No comments:

Post a Comment