Monday, October 12, 2015

Guru Sejati


Guru asal kata dari Gu dan ru. Gu artinya gelap Ru artinya terang. Jadi artinya kata Guru adalah membawa dari gelap menuju terang.

Manusia harus mencari guru sejatinya, dan guru sejati ada pada diri manusia itu sendiri. Kalau manusia ingin menempuh jalan spiritual dan hanya mengandalkan bimbingan dari guru fisik saja maka tidak akan pernah sesuai dengan apa yang menjadi tujuan sang pencari tersebut, karena dalam tiap-tiap diri manusia terdapat perbedaan-perbedaan pada suatu tingkatan pemahaman terhadap sesuatu hal yang akan mengakibatkan terjadinya salah paham dan salah pengertian. Guru fisik hanya menuntun pada hal-hal yang bersifat dasar, sedangkan kelanjutan dari hal yang mendasar tersebut diserahkan pada pribadi masing-masing, dan pribadi yang telah mendapat tuntunan dari guru sejati akan menemukan jalan yang harus ia tempuh dan ia lalui.

Biasanya manusia mencari guru sejati dengan mengandalkan berpuasa, mereka melakukan puasa yang terus menerus dengan harapan bisa menemukan sang pembimbing sejati mereka. Sang guru sejati biasanya akan menemui diri manusia yang telah merasa siap dan mapan secara energi dan mental. Hal ini tidak berkaitan dengan umur seseorang praktisi, ini membutuhkan faktor kedewasaan. Karena belum tentu manusia yang telah berumur lanjut telah menjadi dewasa secara roh.

Apabila guru sejati datang menemui seorang praktisi spiritual yang belum mencapai tahapan dewasa secara roh, maka manusia tersebut akan mengalami perang batin yang sangat hebatnya. Perang yang terjadi di dalam diri seorang praktisi karena apa yang selama ini telah dipelajari dan didoktrinkan selama puluhan tahun menjadi tidak berlaku lagi seakan-akan hitam dibalik menjadi putih.

Daya pandang anda terhadap hidup ini dijungkirbalikkan 180 derajat. Maka dari itu benar-benar butuh suatu kepasrahan yang amat tinggi. Jangan dilawan, karena yang anda lawan adalah diri anda sendiri. Ingat jangan melawan, biarkan saja menyatu, kalau anda melawan maka tubuh anda akan mengalami kerusakan yang hebat secara mental dan fisik.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan dasar spiritual atau basic spiritual ditujukan untuk memperkuat jasmani dan rohani anda sehingga apabila anda mengalami apa yang disebut kegoncangan spiritual, anda telah siap dan tidak ada efek yang terlalu fatal.

Kelihatannya mudah dan sepele saja masalah ini, akan tetapi jangan menganggap remeh sesuatu yang kelihatannya ringan, karena manusia biasanya terjatuh karena sebab-sebab yang sepele.

Hal ini adalah termasuk pengalaman spiritual yang harus dialami oleh tiap-tiap praktisi spiritual, berbahagialah anda apabila anda telah melewati fase atau tahapan penjungkirbalikan pemahaman kulit luar anda menjadi pemahaman roh, pemahaman yang sejati dan abadi sifatnya.

Fase ini adalah fase yang amat sangat ditakuti oleh praktisi spiritual karena akan membuat kepala anda penuh dengan pertanyaan-pertanyaan yang selalu saja membutuhkan jawaban, sedangkan datangnya jawaban kadang kala tidak datang secara seketika dan biasanya menunggu suatu kejadian tertentu dan hal itu akan memicu timbulnya pemahaman pada diri anda, dan pertanyaan-pertanyaan anda akan terjawab seketika. Ketika suatu pertanyaan terjawab, akan datang lagi pertanyaan selanjutnya.
Dan yang lebih menakutkan lagi adalah fase mempertanyakan tentang essensi Tuhan. Hal ini benar-benar suatu pencarian yang tidak ada habisnya dan membuat kepala serasa diaduk-aduk dan diputar-putar. Pasrah adalah jalan terbaik, karena saat anda pasrah pemahaman akan datang dan segala sesuatu akan terlihat dengan jelas dan terang.

Saya mengalami fase terberat ini pada tahun 1994 sampai tahun 1995 akhir fase yang membuat kepala saya amat sangat beratnya, kepala serasa akan pecah dan hal ini berlangsung selama berbulan-bulan lamanya karena saat itu di diri saya terjadi perang antara pengetahuan-pengetahuan yang selama ini telah saya pelajari dan saya pahami dan ternyata segala yang telah saya lalui tersebut menjadi mentah kembali.

Saya seperti merangkak dari nol, merangkak dari bawah kembali, tetapi dari tingkatan yang lebih tinggi dan balik lagi. Setiap saya memasuki tingkatan-tingkatan tertentu di dalam spiritual biasanya saya akan mengalami rasa kekosongan yang begitu hebatnya hingga kadang-kadang saya mempertanyakan apa yang terjadi pada diri saya, mengapa terasa hampa sekali.

Pemahaman saya saat ini adalah pemahaman sementara, ketika saya memasuki tingkatan atau maqom tinggi di dalam spiritual, maka biasanya ada rasa khusus dan juga bau-bau khusus yang bisa saya rasa dan saya tangkap dengan rasa saya.

Kadangkala terjadi penglihatan-penglihatan tertentu, kilatan-kilatan peristiwa masa lalu dan masa depan jelas sekali terpampang di depan saya, kadang kala saya berusaha menghindari hal-hal yang buruk yang akan terjadi di masa depan tanpa saya perhitungkan sebelumnya, merubah masa depan akan mendatangkan hal-hal yang tidak pernah kita duga.

Saya mendapatkan penglihatan di tahun 1994 bahwa umur saya tidak akan melebihi umur 25 tahun dan kemudian hal itu di perkuat lagi dari ramalan orang Jerman yang pernah bertemu dengan saya bahwa saya akan meninggal di umur 25 tahun. Ah saya fikir hal ini hanya penglihatan yang salah, saya berusaha untuk menenangkan diri saya.

Dan ternyata memang terbukti, saya meninggal waktu umur 25 tahun terkena demam berdarah. Saya didatangi 2 orang dari lorong cahaya, tubuh mereka bersinar terang dan mereka berwujud 2 orang laki-laki tampan, tetapi anehnya mereka tidak mempunyai alis. Mereka akan menjemput saya dan saya tolak, saya masih ingin hidup saya masih mempunyai misi yang belum saya selesaikan dan lalu saya kembali tersadar.

Saat akan meninggal saya melihat aura tubuh saya seperti lava gunung berapi menyembur-nyembur, lalu kuping saya menjadi tuli, mata saya menjadi gelap, dan saya merasa diayun-ayun dan hilang, lalu datang dua mahluk tersebut yang ingin menjemput saya. Saat masih tersadar saya melihat semua keluarga saya yang telah meninggal. mereka mendatangi saya seakan mereka ingin mengatakan sesuatu yang tidak dapat saya tangkap dengan jelas.
Pada saat akan lepas itulah timbul ketakutan yang amat sangat, jantung berdegup kencang, tubuh menjadi dingin, tetapi tubuh semakin lemah dan lemah. Teringat tentang bayangan akan kematian di depan mata, lalu sikap pasrah saya ambil sebagai pilihan. Saya bilang pada ibu, bu, saya diramal akan meninggal hari ini. Ibu berkata, kamu kuat, berjuanglah dan kematian adalah sesuatu yang harus dilewati tiap-tiap jiwa yang hidup.

Semenjak saat itu saya mempunyai pandangan yang tajam tentang sesuatu hal. Saya mengerti tentang hal yang selama ini menjadi rahasia yang selalu disembunyikan dan hal ini kadang kala menjadi kendala apabila saya berbicara tentang kejadian-kejadian yang akan terjadi beberapa tahun ke depan.

Banyak yang memusuhi saya apabila saya berbicara tentang sesuatu yang belum terjadi dan biasanya hal itu akan terjadi beberapa bulan atau tahun kemudian. Biasanya yang memusuhi saya akan ketakutan setengah mati, mereka menganggap saya mempunyai ilmu aneh.

Seperti teman saya Mr J, saya telah peringatkan dia tentang jangan mengambil pekerjaan di bidang perfilman, karena apabila dia melakukannya, maka setelah tahun 2000 dia akan mengalami kematian.

Sebetulnya tidak sepantasnya saya mengatakan prediksi saya ini, karena saya telah melihat dia akan sakit dan mengalami kelelahan yang amat sangat, tenaganya akan terkuras habis selama bekerja di perfilman.

Lama kami tidak bertemu lagi dan terakhir bertemu dia sudah terbaring sakit sementara dokter sudah angkat tangan. Kejadian itu terjadi tahun 2003, kadang timbul penyesalan mengapa saya tidak dapat merubah peristiwa ini.

Saat ini saya membatasi berbicara tentang hal-hal yang berhubungan dengan masa depan seseorang, hanya pada orang-orang dekat saja saya berbicara, karena walaupun saya melihat sesuatu yang akan terjadi pada seseorang, biasanya mereka tidak akan percaya sampai mereka mengalami hal itu sendiri.

Suhandono Wijoyokusumo
GM Kundalini

No comments:

Post a Comment