Monday, November 9, 2015

PENTINGNYA MEMUSATKAN PERHATIAN DAN PIKIRAN

PENTINGNYA MEMUSATKAN PERHATIAN DAN PIKIRAN

Kalau anda memegang sebuah benda, apa saja, kemudian anda amati dengan sungguh2, dan pikiran anda hanya terpusat pada benda tersebut, maka saya yakin kelama-kelamaan anda akan dapat menguasai pemahaman terhadap benda tersebut lebih dari sebelumnya. Anda akan dapat memahami tentang bentuknya, kondisi luarnya, bahkan mungkin anda juga mampu mengetahui kondisi kedalamannya.

Begitu pula terhadap pacar, suami/istri, anak2, dan teman2 anda. Bila anda mengamati dan memperhatikan sungguh2 dengan pikiran yang terpusat, maka anda pun akan lebih mengenal dan memahami mereka. Dengan demikian anda pun akan dapat bersikap atau berbuat sesuatu yang tepat bagi mereka.

Dengan cara yang sama, andapun dapat lebih mengenal dan memahami diri anda sendiri ! Caranya ?

Pernafasan adalah bagian dari diri anda sendiri yang menjadikan diri anda hidup. Jadi, jika anda mengamati dan memperhatikan sungguh2 dengan pikiran yang terpusat terhadap pernafasan anda, maka apakah yang terjadi ?          
Maka lama- kelamaan anda akan menguasai pemahaman yang sejati terhadap diri sejati anda yang menjadikan diri anda hidup.

Terlebih lagi, dengan anda memahami atau menyadari diri anda yang sejati, berarti anda mengetahui potensi diri yang anda miliki serta memanfaatkannya untuk kehidupan anda di dunia ini.

Itulah sebabnya, mengapa dalam meditasi kita diminta untuk memusatkan perhatian dan pikiran kita kepada keluar-masuknya udara saat kita melakukan pernafasan, namun anda harus tetap menjaga diri anda agar tetap "No Mind !"


Bukit Indah,  3 Juni  2011

Lovelightjoy,
Sonny Sumarsono Wuryadi


No comments:

Post a Comment